Singapura Mulai Terapkan Penggunaan Bus Elektrik Otomatis

Penggunaan kendaraan tak berawak memang tengah gencar dilalukan oleh beberapa negara maju. Salah satu perusahaan yang memproduksi kendaraan yang dapat mengemudi otomatis adalah EasyMile. Perusahaan asal Perancis ini memproduksi sebuah bus elektrik yang mampu mengendarai secara otomatis.


Penggunaan bus elektrik ini mulai diterapkan di negara tetangga Singapura, yang akan beroperasi di wilayah pusat parkir kendaraan mobil negara tersebut. Tentu hal ini merupakan sarana transportasi yang menarik, selain ramah lingkungan juga tak memerlukan supir untuk mengendarainya.

Selain di negara Singapura, negara Bagian California, AS, juga baru saja menerapkan bus elektrik buatan Perancis ini yang akan dioperasikan di kompleks perkantoran yang ada di California. Bus elektrik ini sebelumnya juga telah beroperasi di negara Finlandia dan Swiss terlebih dahulu.

Bus elektrik ini tidak akan melaju bebas di jalanan umum bersama dengan kendaraan konvensional lainnya, namun akan berada di jalur khusus yang telah diberi program agar bus dapat berjalan di rute yang telah ditentukan. Bus ini berbahan bakar baterai lithium ion serta dapat mengangkut 12 orang sekaligus.

Baterai bus ini mampu mengoperasikan bus ini hingga 12 jam dengan hanya perlu mengisi daya selama 8 jam. Sebenarnya bus ini juga mampu berjalan di aspal biasa, namum masih terkendala mengenali rute jalanan, maka dari itu bus ini harus berada di jalur yang telah diprogram khusus. Bus elektrik ini mampu melaju hingga kecepatan 40kmh, dengan kecepatan rata-rata 20kmh.

Seperti kendaraan otomatis lainnya, bus ini juga telah dilengkapi dengan teknologi keselamatan seperti dapat mendeteksi objek didepannya dan berhenti secara otomatis jika mengenali sesuatu yang menghalang di depannya. Selain itu, bus elektrik ini juga telah dilengkapi dengan GPS agar dapat terus dipantau lokasinya.

(RH)


sumber : http://www.beritateknologi.com/singapura-mulai-terapkan-penggunaan-bus-elektrik-otomatis/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

jangan lupa tinggalkan jejak :)